Apakah Aku Seorang Bibliophile?

Kalian suka baca?

Suka mengoleksi buku?

Kamar kalian penuh sesak sama buku?

Apa kalian rela keluar uang banyak buat beli buku-buku langka?

Wah kalau semua pertanyaan di atas kalia jawab “iya”, ada kemungkinan kalian adalah seorang bibliophile.

Oiya, kalau kalian masih belum yakin, berikut ini bakal gue kasih list kriteria seorang bibliophile. Check this out.

Dalam beberapa hal menjadi bibliophile adalah bakat, sisanya lingkungan yang membentuk seseorang menjadi pecinta buku. Menggemari membaca dan mabuk bersama isi menarik dari nilai-nilai atau fantasi yang mereka dapatkan dalam sebuah buku (bermutu).

Menjadi pecinta buku atau bibliophile bagaimana pun adalah “identitas” terhormat, dan tentunya merupakan hal yang keren dalam tiap zamannya.

Jika kalian mau menjadi seorang bibliophile dan layak disebut demikian, pastikan kalian memenuhi separuh dari tanda-tanda seorang adalah bibliophile sejati. Berikut di antara beberapa panandanya:

Pertama:

Seorang bibliophile akan memandang orang lain sebagai seorang yang penting dan “berkelas” atau tidak berdasarkan buku-buku yang mereka miliki.

Kedua:

Bibliophile mengatur bukunya dengan sangat spesifik. Mereka tekun mengatur buku-buku koleksinya berdasarkan warna atau abjad atau genre. Bisa dipastikan mereka setengah komplusif untuk selalu memastikan bahwa mereka telah mengembalikan buku yang diambilnya pada tempatnya semula.

Ketiga:

Mereka para bibliophile sangat menyukai buku bekas. Mereka sangat menghormati kepurbaan sebuah buku.

Keempat:

Seorang bibliophile memandang buku sebagai bagian dari dekorasi yang pas dan berkelas untuk rumah tinggalnya. Ia akan sangat tekun untuk merancang desain rumahnya dan tentu saja menyediakan tempat spesial pada buku-buku sebagai bagaian dari intorior yang super penting.

Kelima:

Impian terpenting bibliophile salah satunya adalah harus memiliki perpustakaan pribadi. Tampaknya mereka sangat percaya sebuah rumah tanpa buku ibarat tubuh tanpa jiwa!

Keenam:

Seorang bibliophile memiliki beberapa cetakan berbeda dari judul buku yang sama. Mereka gemar mengoleksi buku-buku terbaik dari pengarang kaliber dunia dalam berbagai cover terbitan dari tahun terbit yang berbeda. Makin tua usia bukunya makin bertuah pula.

Ketujuh:

Meraka para bibliophile tidak akan keberatan mengeluarkan uang lebih untuk buku-buku langka. Dalam diri mereka ada jiwa kolekter di mana mereka adalah manager utama sebuah galeri buku.

Kedelapan:

Bagi para bibliophilesejati menghabiskan waktu seharian untuk membaca buku bukanlah hal konyol. Mereka akan dengan suka cita membaca seolah mereka tengah berwisata ke tempat-tempat indah yang belum pernah mereka kunjungi.

Memebaca adalah perjalanan ke tempat-tempat lain. membebaskan dari dari kutukan kejemuan dan ambiguitas hidup sehar-hari.

Kesembilan:

Perpustakaan atau toko buku merupakan tempat populer yang sangat istimewa. Di mana ada tempat dengan banyak buku-buku di sana para Bibliophile merasakan gairah hidupnya seperti memuncak.

Kesepuluh:

Bibliophile sangat tertarik dengan kutipan dan esai penting dari sebuah buku. Mereka bisa jadi adalah konsumen utama “stabilo” yang dengan gesit menandai hal-hal penting dari bacaan mereka. Sebab sebagian besar bibliophile adalah juga para penulis yang tekun dan hebat.

Nah, itu tadi 10 kriteria untuk seorang bibliophile. Kalau gue sendiri merasa masuk di kriteria ke 2, 3, 4, 5, 7, 8, 9. Kalau kalian masuk yang mana?

Jangan lupa komen pada kolom di bawah ya. Bye.

Advertisements

5 comments

  1. Pingback: Bibliophile, sebuah kelainan yang keren (?) | mybooklocker
  2. eva · May 23, 2016

    kak ijin share ya…

    Like

    • maulidiabd · May 23, 2016

      iya silakan

      Like

  3. Ilma Azizah · September 5, 2016

    ijin share ya ka 🙂

    Like

    • maulidiabd · September 5, 2016

      Ok, silakan 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s