What The Hell Is Bibliophile?

 

Bagi sebagian orang, kata “Bibliophile” pasti masih asing, termasuk buat gue sendiri. So, kali ini gue bakal coba mengulas apa itu bibliophile. Semoga bermanfaat.

Berawal dari ke kepoan gue sama bibliophile ini, gue langsung deh beralih ke google, dan dari sana akhirnya gue menemukan sedikit pencerahan. Kita mulai dari arti katanya dulu ya;

Bibliophile

“dalam English to English, Definisi ‘bibliophile’ adalah (noun) 1. someone who loves (and usually collects) books 2. A lover of books”.

Well, berdasarkan pengertian di atas, sepintas kita tau kalau bibliophile itu adalah orang yang menyukai buku/pecinta buku.

Para pecinta buku ini bukan cuma gemar membaca buku-buku dan sangat tertarik mendalami isinya, tapi mereka juga bisa dibilang “arsitekutur” yang gemar menata buku-bukunya dengan selera seni tinggi, dan tentu saja, para bibliophile ini juga bak kolekter dari pemilik sebuah galeri seni, mereka itu pemburu buku-buku langka loh.

Kalian pasti pernah dong liat/punya temen yang rela keluar duit mahal-mahal cuma buat beli atau koleksi buku. Jika pernah, maka ada kemungkinan dia itu seorang bibliophile.

TAPI, ada tapinya loh. Apakah bibliophile ini cuman sekedar hobi/kecintaan seorang terhadap buku atau bisa menjurus kepada sebuah kelainan. Nah, yuk kita ulas sedikit.

Kalau bibliophile tadi merujuk kepada kecintaan seseorang terhadap buku atau kegiatan membaca, maka adal lagi loh istilah Bibliomania. Istilah ini merujuk pada:

“Sebuah gangguan obsesif-kompulsif dimana sesorang mengumpulkan buku hingga ketitik di mana relasi sosial atau kesehatan menjadi rusak, di sisi lain si pengidap akan memikirkan tentang object yaitu buku harus di koleksi dan dicintai.

“Ada beberapa orang yang menggunakan kata ‘bibliomania’ bisa dirubah menjadi ‘bibliophily’ dan faktanya, the Library of Conggress tidak menggunakan kata ‘bibliiophiliy”, tapi lebih menunjuk kata itu sebagai pembaca yang sama dengan kolektor buku atau bibliomaniacs. The New York Public Library juga memberlakukan hal yang sama”.

Duh, kalau dipikir-pikir, serem juga ya kalau sampai “kecanduan” atau “tergila-gila” gitu sama buku. Walaupun masih perlu dibuktikan secara medis sih buat menyimpulkan hal tersebut suatu kelainan atau bukan.

Tapi jangan takut, menjadi seorang pecinta buku adalah hal yang keren loh, kalian perlu berbangga. Selain menjadi pecinta buku, kalian juga bisa melebarkan sayap menjadi seorang penulis, keren kan? Jadi teruslah berlatih.

Oiya, bagaimana dengan kalian sendiri? Apa kalian termasuk bibliophile atau bukan?

Nah untuk mengetahuinya, kalian bisa cek di postingan gue sebelumnya, cek di sini ya.

Ok, itu aja sih yang bisa gue share soal bibliophile ini. Jangan lupa koment pada kolom di bawah ya. Bye.

 

Advertisements

2 comments

  1. nuri ayu lestari · August 21

    hahahha oke thank’s infonya 😁 bermanfaat banget

    Like

    • maulidiabd · August 27

      Wah, syukur deh klau gitu 😊

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s