Eka Kurniawan Is Back With O!!!

Berkas:Eka Kurniawan (foto oleh Dwianto Wibowo).jpg

Eka Kurniawan


Eng ing eeeng….!

Hai, apa kabar nih? Pasti baik dong. Oiya, kali ini gue bukan mau review tentang buku baru ya, tapi cuman preview dikit aja (ya iyalah, buku yang mau dibahas aja belum terbit). Lalu, buku apakah itu? Yuk simak.

Nah, sebelum bicara soal buku tersebut, kita bahas dulu nih penulisnya, sudah tau belum siapa? Yup bener banget, penulisnya tidak lain dan tidak bukan adalah om Eka Kurniawan. Penulis lokal yang sudah malang melintang di dunia perbukuan Indonesia.

Om Eka ini, konon kabarnya lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat 40 tahun yang lalu. Beliau adalah lulusan Fakultas Filsafat UGM (wah fakultas berat nih). Uniknya, sebagai prasyarat kelulusannya, beliau menggarap skripsi yang diberi judul “Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis”, yang kemudian diterbitkan pertama kali oleh Yayasan Aksara Indonesia, 1999; diterbitkan kedua kali oleh Penerbit Jendela, 2002; dan diterbitkan ketiga kali oleh Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Pada waktu itu jarang-jarang loh ya penerbit mau nerbitin skripsi mahasiswa yang baru lulus. Salut deh.

Setelah karya skripsinya diterbitin, beliau ga cuman berhenti sampai di situ. Pada tahun 2000, om Eka meluncurkan karya fiksinya yang pertama, dan diberi judul Corat-Coret Di Toilet.

Seperti tak puas hanya dengan 2 buku, beliau lalu merilis novel pertamanya yang langsung menyita perhatian, yaitu Cantik Itu Luka. Sudah pernah dengar dong pasti. Novel ini mendapat sambutan yang positif loh dan berhasil masuk nominasi dalam ajang penghargaan bagi penulis Indonesia, Khatulistiwa Literary Award.

Setelah sukses dengan Cantik Itu Luka, lalu muncullah novel ke dua, Lelaki Harimau (bukan 7 manusia harimau ya). Dan voila, novel ini pun sukses di pasaran. Oiya selain karya-karya beliau yang meraih penghargaan, beberapa buku beliau juga sudah diterjemahkan ke beberapa bahasa; Jepang, Inggris, dan Swedia.

Sungguh hal yang sangat membanggakan bukan.

Nah, di awal tahun ini, om Eka Kurniawan akan kembali dengan buku terbarunya yang diberi judul “O”. Apa sih itu O? Wah gue juga ga tau, kok pelit amat ya judulnya :p

Bukan cuman judulnya aja yang singkat, tapi sinopsisnya juga “irit” banget, begini bunyinya:

“Tentang seekor monyet yang ingin menikah dengan Kaisar Dangdut”

Nah loh, gimana tuh. Unik kan? Ngapain coba tuh monyet mau nikah sama Kaisar Dangdut, untung bukan sama Raja Dangdut. Emang deh penulis satu ini, ada-ada aja kalau nulis buku :p

O

Tapi, menurut gue, justru karena keunikan hal itulah yang bakal bikin calon pembaca jadi penasaran dan pengen tau sama isinya, selai itu covernya pun juga unik menurut gue.

Novel O ini akan diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama, dan kabarnya bakal rilis pada tanggal 23 Januari, sudah ga sabar dong pastinya?

Nah, sebelum buku ini terbit secara luas, om Eka ternyata kasih promo menarik loh. Kabarnya, bagi 500 pemesan pertama bakalan dapat bonus kaos + Novel O edisi tanda tangan. Begini nih penampakan kaosnya

O-ads-1

Beeeh ga rugi deh.

Ya sudah, kalau kalian sudah ngebet banget pengen novel ini langsung aja deh PO di sini sebelum kehabisan.

Nah, itu tadi sekilas info tentang om Eka Kurniawan, penulis sekaligus komikus asli Indonesia. Sekian dulu ya untuk kali ini, dan jangan lupa koment ya gaes.

Bye.

 

*Sumber:

  • Wikipedia
  • ekakurniawan.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s