Yuk Semarakkan #BacaItuKeren

printed


Hi Guys.

Jumpa lagi nih kita 🙂

Oh, Happy MONster DAY ya, kebetulan postingan ini bertepatan sama hari Senin nih. Gimana, pasti ga pada mager kan hari ini buat beraktivitas? Pasti ngga dong ya.

Oiya, postingan kali ini masih berkaitan sama buku loh, so stay tuned Bookwormer sekalian.
Kalian pasti pernah baca novel dong? Kalau kalian beli novel/buku, biasanya di dalamnya sering disisipin pembatas buku yang unyu-unyu sama publisher-nya, tujuannya selain sebagai pembatas buku (biar pembaca ga melipat lembaran buku buat nandain halaman) adalah buat menambah kesan eksklusif buku/novel mereka, dan menurut gue, sebuah buku/novel akan terasa kurang lengkap jika belum ada pembatasnya.

Selain itu, gue juga merasa kalau halaman yang dilipat buat nandain lembar yang sudah kita baca bakal membuat buku/novel jadi cepat rusak, dan kalau sudah rusak tentunya akan mengurangi estitika dari buku/novel tersebut. Sayang banget.

Nah bicara soal pembatas buku, pembatas-pembatas buku ini juga didesain ga kalah kece sama buku/novelnya loh. Tapi meskipun demikian, ga sedikit juga buku yang dipublish tanpa pembatas buku, umumnya sih yang ga pakai pembatas buku ini adalah buku-buku pelajaran gitu, tapi novel juga banyak loh ternyata yang dicetak tanpa pembatas buku.

Oleh sebab itu, di postingan ini gue bakal kasih link download 1 set printables gratis buat kalian, yang terdiri dari 4 pembatas buku, 3 mini posters, 2 template reading list, dan 2 sticker bulat. Berikut ini penampakannya:

letsgoreading

Tuh, lucu-lucu kan.

Set printables di atas didesain sendiri oleh mba Puty Puar, doi selain seorang blogger juga seorang desain grafis loh. Dan kalian bisa mendownloadnya di sini. GRATIS.

Menurut penuturan mba Puty di blog pribadinya, dia mendesain dan membagikan 1 set printable ini semata-mata karena merasa prihatin sama minat membaca buku orang Indonesia yang masih rendah, hal ini bisa kita liat dari sedikitnya pengunjung perpustakaan di tiap daerah.

Dan gue setuju sama mba Puty, dari pengalaman gue sendiri rata-rata pengunjung perpus itu kalau bukan nyari wifi gratis, ya mahasiswa yang lagi nyari bahan buat skripsi. Padahal tujuan perpustakaan adalah sebagai tempat rekreasi dan sharing ilmu yang murah dan menyenangkan. Kondisi ini jauh sangat berbeda kalau kita bandingin sama negara-negara maju.

“Saya selalu ingin minat baca orang Indonesia meningkat karena saya yakin sekali bahwa kebiasaan membaca akan membawa kebaikan di masa yang akan datang untuk bangsa kita” – Puty Puar

Coba deh kalian baca postingan mba Puty tentang rendahnya minat baca orang Indonesia, sangat miris banget sih kalau menurut gue.

Dari karya kecil ini, mba Puty berharap agar masyarakat Indonesia khususnya yang masih belia akan lebih gemar membaca, karena minat baca itu akan lebih baik jika ditanamkan dari dini. Sehingga nantinya membaca akan kembali populer lagi. Membaca itu ga harus buku/novel kok, masih banyak sumber bacaan lainnya yang bisa kita pilih. Oiya kalian juga bisa share karya kecil mba Puty ini ke teman-teman kalian. Inshaallah akan penuh berkah 🙂

Ayo kita mulai galakkan #BacaItuKeren

Tukang becak aja suka baca, masa kalian kalah 🙂

Ok, sekian dulu ya dan jangan lupa koment. Bye.

*Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s