Antara Cantik Itu Luka dan World Readers Award 2016

cil_2012

Cantik Itu Luka merupakan sebuah novel pertama yang ditulis oleh Eka Kurniawan. Buku ini terbit pertama kali pada tahun 2002 oleh penerbit Jendela yang bekerja sama dengan Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Pada tahun 2003, buku ini masuk dalam list peraih penghargaan dalam ajang sastra Khatulistiwa Literary Award, lalu di tahun 2006 buku ini berhasil diterbitkan dalam bahasa asing dengan judul Beauty Is A Wound yang dialih bahasakan oleh Annie Tucker.

Seakan tidak ingin berhenti berprestasi, di tahun 2016 buku ini masuk dalam nominasi World Readers Award, dan yang hebatnya lagi Cantik Itu Luka/Beauty Is A Wound ini berhasil menang dalam ajang tersebut pada Maret lalu. 

“Here i am, speaking softly from a country named Indonesia, in the midst of clamorous world (Di sini saya, berbicara dengan lembut dari negeri bernama Indonesia, di tengah-tengah dunia yang riuh)” ucap Eka Kurniawan dalam pidato kemenangannya, seperti dikutip dalam brilio.net. 

Sebuah kebanggaan tersendiri tentunya bagi Indonesia, khususnya dunia sastra, melihat penulis kita mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari dunia internasional. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa penulis lokal kita tidak kalah bagus dari penulis luar, dan semoga dengan adanya kabar gembira ini akan semakin memacu minat para generasi muda kita untuk terus berkarya dalam menulis.

160310062044_eka_kurniawan_624x700_ekakurniawan

Oh iya, selain berhasil mendapat penghargaan dalam World Readers Award, masih ada satu lagi buku dari Eka Kurniawan yang juga berhasil masuk dalam nominasi peraih Man Booker International Prize 2016 lewat bukunya Lelaki Harimau (Man Tiger), sebuah ajang bergengsi bagi para penulis dunia. Dalam ajang ini, total ada 13 orang penulis dari 19 negara yang berkompetisi, dan Eka Kurniawan adalah penulis Indonesia pertama yang berhasil masuk nominasi dalam ajang ini.

Kita tunggu saja ya siapa yang berhasil memenangi ajang ini pada 14 April mendatang. Selain dua buku ini, Eka juga telah merilis buku terbarunya pada awal tahun ini yang diberi judul “O” (silahkan baca di sini).

Well, itulah tadi dua buku dari seorang penulis Indonesia yang bersinar di kancah dunia internasional, kita doakan saja semoga ke depannya akan semakin banyak penulis kita yang dapat menuai prestasi membanggakan dan dapat mengharumkan dunia sastra Indonesia.

 

*Sumber:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s